5 Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Sangat Menjanjikan

Peluang Usaha di Desa atau Kampung – Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hidup di kota lebih ideal untuk mencari uang, termasuk saya, setidaknya beberapa saat yang lalu sebelum menyadari betapa banyaknya ide dan peluang usaha yang ada di desa.

Ungkapan tersebut bisa benar bisa tidak. Untuk mengejar karir sebagai seorang karyawan yang bekerja pada perusahaan – perusahaan di kota besar,

Ya..

Jelas hidup di kota besar merupakan pilihan yang tepat, karena standar upah minimumnya akan lebih besar daripada di desa.

Tapi jika anda hendak membangun sebuah usaha, saya kira peluangnya akan 50 : 50.

Apalagi dengan dukungan internet yang sudah begitu mudah didapatkan bahkan untuk daerah pedesaan sekalipun, baik hidup di kota maupun di desa akan terasa sama saja nantinya dalam urusan ngumpulin uang.

Namun seringkali kita terbentur dengan beberapa hal, termasuk ide.

Mau usaha apa di desa?
Siapa yang mau beli produk kita?

Lupakan sejenak pertanyaan – pertanyaan tersebut dan coba kita cermati 5 contoh peluang usaha di desa dalam ulasan saya kali ini, semoga menginspirasi anda untuk mulai membangun usaha di desa anda sendiri.

1. Peluang Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan usaha yang ngga ada matinya dan akan terus ada selama manusia masih eksis di dunia ini.

Walaupun daya beli masyarakat desa cenderung lebih rendah daripada masyarakat kota, tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba jenis usaha yang satu ini.

Namun anda harus melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu sebelum memulai usaha kuliner tersebut.

Seperti makanan apa yang hendak anda jual, permintaan pasar di sekitar anda, daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Contoh peluang usaha di desa

Beberapa produk kuliner yang bisa anda jual di desa antara lain adalah berjualan kue dengan sistem pre – order atau pemesanan, berjualan gorengan atau membuka warung makan sederhana dengan catatan memiliki menu andalan sehingga ada nilai plus antara warung anda dengan warung makan orang lain.

Baca selengkapnya tentang usaha di desa : Contoh Usaha Kuliner dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

2. Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Pada umumnya, masyarakat kita cenderung memilih ayam petelur dan ayam potong atau daging andai diminta untuk memilih jenis ayam apa yang paling cocok untuk usaha ternak.

Namun taukah anda bahwa permintaan ayam kampung saat ini hanya terpenuhi di kisaran angka 25 – 30 % saja?

Sebagai contoh, pada tahun 2015 kemarin kebutuhan pasar untuk wilayah Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi diperkirakan mencapai 200.000 ekor per hari sedangkan para peternak hanya mampu memasok 35.000 ekor saja dalam sehari.

Inilah celah usaha dari ayam kampung yang mungkin bisa kita masuki sekarang. Dan saya yakin besarnya permintaan tersebut juga terjadi di kota – kota besar lainnya di Indonesia.

Untuk memulainya, anda tidak perlu keburu nafsu dengan membeli ratusan anakan ayam kampung atau DOC. Coba anda perhatikan dari dua jenis sistem ternak ayam kampung berikut ini terlebih dahulu.

a. Sistem Umbaran

Jenis ternak ayam kampung dengan sistem umbaran merupakan cara yang paling banyak digunakan dan sudah umum di kalangan masyakarat pedesaan.

Dengan sistem umbaran, anda tidak perlu repot – repot lagi dengan manajemen pakan dan kandang karena memang tidak ada ketentuan khusus.

Cukup sediakan kandang sederhana untuk sekedar tempat berteduh dan istirahat ayam saat malam tiba. Sedangkan pakan sendiri bisa lebih hemat karena ayam jauh lebih jago mencari makanan saat diumbar.

Namun kelemahan dari sistem umbaran ini adalah produktivitas ayam jadi rendah serta kurang terkontrol. Belum lagi jika lingkungan anda masih banyak musang jahat yang berkeliaran, tentu hal tersebut merupakan ancaman serius untuk ternak ayam kampung yang sedang anda kembangkan.

b. Sistem Semi Intensif

Ada banyak tipe kandang untuk sistem ternak ayam semi intensif ini. Beberapa di antaranya adalah kandang tipe postal, tipe baterai dan tipe pekarangan.

Misal anda memiliki pekarangan yang lumayan luas dan modal yang tidak banyak, bisa mencoba ternak ayam kampung dengan tipe kandang pekarangan saja karena biaya pembuatan kandangnya yang tidak begitu mahal.

Dengan model ternak seperti ini, anda akan lebih mudah dalam mengontrol ketersediaan pakan, melindungi ayam dari musang dan lain sebagainya.

Dari dua jenis sistem ternak ayam kampung di atas, kami merekomendasikan sistem semi intensif tipe kandang pekarangan untuk anda praktekkan dengan alasan lebih terkontrol, terjangkau dan bisa dimanage.

3. Peluang Usaha di Desa Rental PlayStation

Bisa jadi anda akan mengerutkan dahi saat mendapati usaha rental playstation ada dalam daftar 5 contoh usaha di desa yang sangat menjanjikan ini.

Karena biasanya usaha rental playstation memiliki citra yang kurang baik di tengah masyarakat pedesaan. Beberapa menganggap playstation sebagai biang kerok malasnya anak dalam belajar, pemborosan dan lain sebagainya.

Dengan segudang permasalahan di atas membuat usaha ini minim kompetitor
di daerah pedesaan sehingga sangat memungkinkan lebih cepat sukses
kedepannya.

Untuk mengakalinya, anda bisa membuat aturan di rental anda seperti melarang anak berseragam sekolah masuk rental, tutup saat jam ngaji TPQ maupun menerapkan batasan jam malam rental anda untuk anak di bawah umur, agar hubungan anda dengan masyarakat tetap terjaga dengan harmonis.

Jika anda hendak membuka usaha ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan,

a. Modal Usaha Rental Playstation

Modal membuka usaha ini bisa dibilang tidak sedikit, harga satu unit untuk PS 3Β  kisaran 2,3 juta. Sedangkan untuk TV, meja dan peralatan lainnya kurang lebih sekitar 1,5 juta.

Jadi modal minimum untuk membuka usaha ini di rumah adalah 3,8 juta lengkap per unitnya, tinggal anda kalikan berapa jumlah unit yang ingin anda sediakan nantinya.

b. Analisa Keuntungan

Harga sewa rental PS 3 saat ini rata – rata adalah 3500 per jam untuk harga di desa dan 6000 untuk daerah kota besar seperti Surabaya.

Jadi misalkan anda membuka usaha ini di desa dengan gambaran memiliki 5 unit PS dan terisi semua, maka anda sudah mengantongi uang sebesar 17.500 dalam satu jam saja.

Misal saja dalam satu hari anda ambil 10 jam untuk buka usaha ini dengan asumsi seluruh unit terisi semua, setidaknya dalam sehari anda akan menghasilkan omzet sebesar 175.000. Itu artinya omzet bulanan anda mencapai 5.250.000

c. Biaya Operasional dan Laba Bersih

Menjadi pemilik rental Playstation tidak boleh pelit dalam urusan peremajaan unit. Tuntutan game harus update, serta joy stick yang enak digunakan tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit, normalnya untuk biaya service stick, listrik dan karyawan ( jika ada ) akan memakan biaya kurang lebih 1.500.000 setiap bulannya.

Dengan demikian apabila rata – rata omzet bulanan anda mencapai 5.250.000 dengan dikurangi biaya operasional sebesar 1.500.000, maka pendapatan bersih yang bisa anda kantongi adalah 3.750.000 setiap bulannya.

Tentu dari analisa di atas sangat memungkinkan terjadi perbedaan, bisa saja hasil yang anda dapat jauh lebih besar dari perkiraan dan gambaran di atas, mungkin juga lebih kecil.

4. Peluang Usaha di Desa Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dibilang ngga ada matinya juga selain usaha kuliner yang sudah kita bahas sebelumnya.

Saya sangat yakin dengan prospek cerah dari usaha ini kedepannya jika kita lihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dalam hal pentingnya pendidikan bagi anak.

usaha-di-desa

Memang untuk menjalankan bisnis ini paling tidak anda atau salah satu orang yang terlibat di sana memiliki background pendidikan. Hal ini penting untuk membangung kepercayaan calon pelanggan terhadap usaha yang sedang anda bangun tersebut.

Sekali lagi, jika usaha bimbingan belajar di desa anda belum begitu populer, kenapa tidak anda saja yang memulainya?

5. Go Online – Usaha Bisnis Online

Saat anda tiba di blog bagikeunlagi kemudian membaca artikel ini, saya percaya untuk mendapatkan akses internet di desa anda tidaklah terlalu sulit.

Bisnis online dan internet marketing adalah usaha yang sangat fleksibel, dalam artian bisa anda komandoi darimana pun tempat anda berada, asalkan daerah tersebut sudah memiliki akses internet. Silahkan baca : 4 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari InternetΒ 

Ada banyak cara untuk memulai bisnis online anda, seperti Krishna Souvenir Kediri yang sukses menjual ribuan produk souvenir ulang tahun melalui toko onlinenya di Tokopedia.

usaha-di-desa

Walaupun usaha ini hanya dijalankan dari daerah pedesaan, Krishna Souvenir tetap mampu menjangkau pelanggan setia mereka hingga ke berbagai daerah di Indonesia, bukankan ini contoh peluang yang bagus?

Berkaca dari pengalaman saya sendiri, untuk menjalankan bisnis online memang tidak semudah yang kita bayangkan, ada banyak tantangan yang harus dilalui sebelum sukses mengikuti.

Beberapa hal yang perlu kita garis bawahi di sini adalah, apapun bentuk usaha yang akan anda jalankan di desa anda, semua akan butuh kesabaran, ketekunan serta konsistensi agar benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal. Dan ini berlaku untuk semua jenis usaha, baik online maupun offline. Semoga bermanfaat. (bl/aat)

Pengunjung lain juga membaca artikel berikut ini :Β 

16 Comments

      • Ahmad Alfan Taufiq
  1. asep sopian
    • Ahmad Alfan Taufiq
    • Ahmad Alfan Taufiq
  2. edi purwoseno
    • Ahmad Alfan Taufiq
  3. joe

Reply