5 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Selamat datang,


Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis – Bagi seorang blogger, bisa menulis adalah wajib. Sudah, harusnya ini tidak bisa dibantah lagi.

Walaupun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa ngeblog nggak harus pintar. Ya, sangat setuju, tapi tetap harus pintar menulis.

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kalau kita mau berfikir lebih dalam, seharusnya kemampuan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap blogger, bukan modifikasi template seminggu tiga kali. Bukan itu.

Misal saat ini anda masih sering mengalami masalah dalam urusan tulis menulis, merasa kurang percaya diri dengan tulisan anda sendiri, berikut saya bagikan beberapa kiat meningkatkan kemampuan menulis yang in syaa Allah ampuh dan efektif.

Perlu diketahui, kiat – kiat ini saya rangkum berdasarkan pengalaman saya sendiri dan inilah 5 di antaranya.

Gemar – Gemarlah Membaca

Menjadi seorang penulis bukan berarti terus – menerus anda habiskan waktu anda untuk menulis. Atau berulang kali membaca tulisan yang baru anda tulis sendiri.

Dengan sama sekali tidak bermaksud untuk plagiat tulisan orang lain. Semakin gemar anda membaca tulisan orang lain, semakin banyak pula hal positif yang akan anda dapatkan.

Selain kosa kata bertambah dengan sendirinya, tentu kandungan ilmu yang ada pada tulisan tersebut akan anda dapatkan juga.

Apakah malas ke toko buku termasuk kendala anda?

Maka maksimalkan fasilitas terbaik yang ada di sekitar anda. Internet, tablet, smartphone, PC dan lain sebagainya.

Mulai sekarang, tanamkan juga pada benak anda bahwa menulis dan membaca merupakan satu paket yang tidak bisa kita pisahkan begitu saja.


Sesekali, Berkunjung ke Forum Penulis di Media Sosial

Bagi anda yang sudah bergabung dengan komunitas belajar menulis di facebook seperti Komunitas Bisa Menulis atau KBM tentu tidak asing dengan aturan – aturan di komunitas tersebut.

KBM sangat pas untuk anda yang benar – benar ingin belajar cara menulis yang baik.

Misal saja bagaimana peletakan kata penghubung, bagaimana penulisan kata yang benar sesuai aturan baku Bahasa Indonesia dan berbagai ilmu tulis menulis lainnya.

Walaupun tidak pernah membuat thread di komunitas tersebut, namun saya pribadi tetap jadi silent reader di sana, berharap ada ilmu baru yang akan saya dapatkan setiap hari.

Berlatih Menulis Secara Rutin

Gemar membaca tulisan orang lain serta bergabung dengan komunitas penulis di facebook sebenarnya hanya penunjang saja dari aktivitas menulis.

Karena berlatih menulis secara rutin akan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis anda.

Intinya semakin sering anda menulis, anda akan semakin mudah saat menguraikan uneg – uneg menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca dan mudah difahami banyak orang.

Tidak Terpaku pada Teori Menulis

Poin ini saya khususkan untuk kalangan Blogger.

Saat anda berlatih menulis secara rutin, mencoba untuk membuat postingan secara teratur, jangan terlalu fokus dengan aturan baku tulis – menulis.

Ungkapan ini terkesan bertolak belakang dengan poin nomor dua bukan?

Karena anda seorang blogger, tidak ada ketentuan khusus dalam gaya kepenulisan. Toh seandainya anda menggunakan bahasa ‘Lo – gue’ siapa yang akan peduli, wong kita sedang ngeblog bukan kontes sastra. Ya kan?

Walau begitu, saya akan tetap merekomendasikan belajar ilmu tulis menulis seandainya ingin mentarget pembaca yang lebih luas. Artinya, tulisan anda enak dibaca orang tua, remaja bahkan ABG sekalipun.

Namun jika hal tersebut justru menjadi kendala dalam menghasilkan artikel di blog, sementara bisa anda abaikan terlebih dahulu.

Evaluasi Tulisan Lama

Setelah berlatih menulis secara rutin,  mendapatkan banyak kosa kata dari tulisan orang lain, serta belajar ilmu tulis menulis yang baik dan benar, saatnya anda kembali melihat – lihat tulisan lama yang telah anda buat beberapa bulan yang lalu.

Terkadang, sangat susah merasakan perkembangan apa yang ada dalam diri kita sendiri.

Maka dari itu kita perlu mengevaluasi tulisan lama yang telah kita buat sebelumnya dengan tujuan selain untuk merevisi tulisan tersebut juga untuk mengetahui sejauh mana kita berkembang.

Saat sadar bahwa selama ini kemampuan menulis anda terus berkembang, saya kira hal tersebut bisa jadi tambahan pemacu semangat bagi anda untuk menghasilkan tulisan – tulisan baru dengan kualitas yang lebih baik.

Anda mengalami masalah dengan mood menulis? Silahkan baca artikel Cara Mengatasi Mood Naik Turun saat Menulis Artikel di Blog ini.

Semoga bermanfaat. Salam.

22 Comments

  1. Noe
    • Ahmad Alfan Taufiq
    • Ahmad Alfan Taufiq

Reply