Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel di Blog

Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel di Blog

Selamat datang,

Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel – Dalam salah satu sesi wawancara di buku The Super Blogger Code karya blogger senior Pak Medhy Aginta Hidayat,

Yaro Starak pernah mengatakan bahwa “Blogging adalah sesuatu yang mudah tidak peduli bahasa apa yang anda gunakan, yang sulit adalah tetap setia di dunia blogging dalam jangka waktu yang lama”.

Sebagai informasi, Yaro Starak adalah seorang blogger professional keturunan Yunani berkebangsaan Australia yang sudah memulai aktivitas blogging sejak tahun 1998, dan merupakan salah satu blogger  paling berpengaruh di dunia saat ini.

Mood naik turun, kehilangan ide, malas menulis sebenarnya adalah hal yang wajar bagi seorang blogger.

Bahkan blogger professional sekaliber Yaro Starak pun sangat mengakui hal tersebut dan saya yakin apa yang kita alami juga pernah dialaminya.

Walaupun mood naik turun, kehilangan ide dan malas update artikel di blog merupakan hal wajar untuk seorang blogger, namun akan sangat berbahaya jika kondisi tersebut kita biarkan berlarut – larut hingga gairah ngeblog kita benar – benar hilang sama sekali.

Banyak sebab yang seringkali memicu rasa malas menulis artikel di blog.

Jika saat ini anda tengah mengalami hal tesebut, ada baiknya anda simak 3 hal yang dapat memicu rasa malas menulis di blog beserta solusinya.

Penyebab Rasa Malas Menulis di Blog dan Cara Mengatasinya

Manajemen Waktu
Saat anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger paruh waktu, tentunya ada pekerjaan lain yang menjadi tanggung jawab anda bukan?

Banyak blogger yang merasa kesulitan dalam menyisihkan waktu untuk sekedar memperbaharui blognya disebabkan kerjaan kantor yang menumpuk, tuntutan family time dari anak dan istri (jika ada), serta apapun tuntutan dari kerjaan utama anda saat ini.

Solusi:

Mengatasi hal tersebut, anda bisa membuat jadwal harian tertulis yang di dalamnya sudah anda sediakan waktu khusus untuk blog.

Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel di Blog

Misalkan anda seorang suami atau ayah, istri atau seorang ibu, tetap komunikasikan secara terbuka kepada pasangan anda bahwa anda meminta sedikit waktu untuk aktivitas blogging ini.

Jangan harap memiliki hubungan yang sehat  serta blog yang terawat jika anda tetap memaksakan diri mencuri – curi waktu untuk begadang di malam hari tanpa ada komunikasi terlebih dahulu dengan pasangan.

Kehabisan Ide
Setelah anda memiliki jadwal khusus untuk ngeblog. Kehabisan ide mungkin akan jadi kendala berikutnya yang bisa bikin anda semakin malas menulis artikel di blog.

Salah memilih niche blog bisa dibilang menjadi salah satu biang kerok tumbangnya sebuah blog.

Anda akan kesulitan membangun blog kesehatan dalam jangka waktu yang lama jika anda tidak benar – benar memiliki gairah dan kecintaan di dunia kesehatan. Logika ini juga berlaku untuk setiap niche blog.

Solusi: 

Memilih niche blog harusnya menjadi rencana awal dalam membangun sebuah blog, sebelum mentukan domain. Saya membangun blog ini dari awal memang diniatkan untuk menjadi blog gado – gado, blog yang membahas berbagai topik.

Karena saya sadar inilah passion saya, menulis bebas.

Jika sekarang anda masih belum memiliki blog, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu, berapa banyak artikel yang bisa anda buat untuk niche tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur salah memilih niche?

Tetaplah menulis semampu anda atau bisa menyewa seorang penulis yang kredible dengan niche blog anda jika masih merasa eman menelantarkan blog tersebut.

Blog Tidak Berkembang
Pernahkan anda dihadapkan pada situasi ini? Sudah rajin update artikel dengan jumlah yang tidak sedikit, rajin share ke media sosial, namun jumlah visitor hanya mentok di kisaran angka seratusan per hari.

Di saat – saat tertentu, hal ini bisa juga terjadi pada blog yang sudah menjadi mitra Adsense jika penghasilan tak kunjung membaik dari bulan ke bulan.

Kedua kondisi di atas sama – sama berpotensi memicu frustasi seorang blogger yang akhirnya berujung pada rasa malas untuk melanjutkan aktivitas ngeblog dan kemudian mundur secara terartur.

Solusi:

Sabar, tekun dan teruslah belajar. Membaca, membaca lagi dan teruslah membaca.

Pepatah mengatakan, ‘Buku adalah jendela dunia’. Benar, tapi itu dulu. Saat ini Google telah mengambil alih.

Jika anda ingin belajar design template blog, bisa berkunjung ke blog Arlina Design. Jika anda ingin belajar lebih dalam tentang optimasi blog, bisa berkunjung ke blog – blog ini, Blogguebo dan PanduanIM

Ada banyak opsi yang bisa anda pilih untuk mendalami dunia blogging dan semuanya bisa anda dapatkan dari google, keputusan ada di tangan anda sekarang.

Solusi Umum Mengatasi Rasa Malas Menulis di Blog
Terdapat beberapa kiat sederhana yang bisa anda terapkan jika ketiga solusi di atas kurang begitu mencerahkan. 

Lupakan Blogging
Sejenak tinggalkan dunia blogging dan beralih fokus ke kegiatan lain seperti jalan – jalan dengan keluarga, atau kegiatan apapun dengan tujuan merefresh fikiran kita untuk mengusir jenuh.

Stop Melalaikan Ibadah
Saya tidak tahu agama apa yang anda anut. Namun jika anda seorang Muslim, cobalah untuk lebih mendisiplinkan shalat.

Karena sampai saat ini saya masih sangat meyakini bahwa Shalat merupakan tolok ukur kedisiplinan dalam hidup.

Semakin baik kualitas Shalat kita, semakin baik pula kedisiplinan kita dalam menjalani aktivitas sehari – hari, termasuk blogging. Semoga bermanfaat. Salam. (bl/aat)

23 Comments

Reply