Alasan Kucing akan Menoleh Saat Dipanggil Pus

Alasan Kucing Akan Menoleh Ketika Dipanggil Pus

Selamat datang,

Kucing menoleh saat dipanggil pus – Anda seorang pecinta kucing? atau malah orang yang suka takut dan geli saat ketemu kucing?

Siapapun anda, pasti pernah yang namanya interaksi dengan seekor kucing, baik kucing rumahan maupun kucing liar yang kadang suka buat jengkel karena hobi sekali gondol iwak pindang di dapur.

Sebenarnya saya tidak pernah ada masalah dengan kucing liar yang hobi curi lauk di dapur, tapi ada satu kebiasaan unik antara kita dengan kucing yang selama ini terjadi namun sangat jarang kita perhatikan.

Biasanya kita akan memanggil kucing dengan panggilan ‘puss’ dan kita tidak peduli dia ini kucing apa, dari mana asalnya, dan lain-lain.

Uniknya, kucing yang notabene tidak mengerti bahasa manusia, akan menoleh sesaat setelah kita memanggilnya dengan panggilan puss.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Setelah mencari informasi ke sana ke sini, akhirnya saya mendapatkan satu jawaban yang cukup memuaskan. Fenomena kucing menoleh ketika dipanggil puss ini memiliki kesamaan dengan teori anjing Ivan Pavlov.

Seorang psikolog asal Rusia bernama Ivan Petrovich Pavlov melakukan penelitian terhadap anjing-anjingnya. Penelitian ini Ia lakukan dengan cara membunyikan bel ketika akan memberikan makan kepada anjing – anjing tersebut secara continue setiap hari.

Kemudian yang terjadi adalah anjing – anjing tersebut selalu mengeluarkan air liur setiap kali mendengar bunyi bel, karena mereka menganggap bunyi bel adalah waktunya untuk makan. 

Nah taukah anda kalau teori ini juga berlaku pada kucing? 

Kucing yang menoleh saat dipanggil ‘puss’, bukan berarti dia faham bahasa manusia. Penyebab utamanya karena kucing tersebut telah terbiasa dengan panggilan ‘puss’ yang memang sudah umum di lingkungan kita. 

Jika kucing itu tidak dibiasakan dengan panggilan ‘puss’, maka besar kemungkinan dia tidak akan menoleh saat anda panggil dengan panggilan tersebut, kecuali anda memanggilnya dengan menggenggam iwak pindang di tangan. 🙂

Misalkan kebetulan anda memelihara kucing dan merasa panggilan ‘puss’ kurang keren, coba biasakan untuk memanggil kucing tersebut dengan panggilan yang menurut anda keren sedini mungkin untuk membuktikan teori Ivan Petrovich Pavlov di atas. (bl/aat)
 

Reply