5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dan Harus Dihindari oleh Karyawan Baru

Kesalahan Karyawan

Selamat datang,

Saat anda membaca artikel ini, kemungkinan besar anda baru mendapatkan pekerjaan atau baru akan melamar pekerjaan. Kadangkala ketika kita akan memulai bekerja di tempat yang baru, kita seringkali gugup dan menghawatirkan banyak hal.

Mulai dari, menghawatirkan kemampuan diri sendiri, tidak percaya diri, pakaian apa yang harus anda kenakan pertama kali, apakah bisa diterima oleh rekan-rekan kerja? Dan lain sebagainya.
Karena terlalu banyak yang anda khawatirkan, hal tersebut justru seringkali bisa menyebabkan anda melakukan kesalahan. Agar bisa menjadi pekerja baru yang baik, ada baiknya anda menghindari 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh karyawan baru berikut ini.
1. Terlalu Percaya Diri
Walaupun pekerjaan yang kita dapatkan adalah pekerjaan yang memang menjadi passion kita, namun seringkali kita minim dalam hal pengalaman.
Oleh sebab itu, cobalah untuk menghindari rasa terlalu percaya diri yang membuat kita kemudian menganggap enteng setiap pekerjaan. Sebaliknya, cobalah untuk selalu membuka diri agar bisa belajar dan menerima pengalaman baru sehingga segala sesuatunya akan lebih mudah.
2. Terlalu Pendiam dan Malu Bertanya
Terlalu cerewet dan terlalu banyak ngobrol juga sebenarnya tidak terlalu disukai saat seseorang menjadi karyawan baru. Akan tetapi, sebaliknya, malu bertanya ketika menemui masalah juga bisa menjadi penyebab mengapa karyawan baru lambat berkembang.
Selain itu, hindari terlalu pendiam dan cobalah untuk aktif memperkenalkan diri dan menyapa karyawan lama terutama pada saat-saat istirahat atau pada saat-saat senggang.
3. Datang Terlambat
Ketika kita mendapatkan pekerjaan, ada rasa antusias yang besar dan semangat yang juga besar menyebabkan kita kesulitan tidur di malam harinya. Terlebih saat memikirkan bagaimana suasana di hari pertama kerja membuat kita kesulitan memejamkan mata.
Efeknya, hal tersebut bisa menyebabkan kita bangun kesiangan dan terlambat datang bekerja. Padahal, sebagai karyawan baru, kita harus memberikan kesan yang baik terhadap atasan. Sebisa mungkin, hindari terlambat datang bekerja.
4. Tidak Mempelajari Lingkungan Baru
Lingkungan baru tempat kita bekerja biasanya memiliki budaya atau kebiasaan-kebiasaan tertentu. Perhatikanlah hal-hal kecil agar bisa bergaul dengan karyawan lain dengan baik. Menunjukkan attitude yang baik adalah kunci lain menjadi karyawan baru yang baik.
5. Sok Tahu Sok Dekat
Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Saat memasuki lingkungan baru, bersikaplah wajar-wajar saja. Karena anak baru yang sok tahu, terkadang bagi karyawan lama sedikit menyebalkan. Tidak hanya itu, “sok dekat” juga sebaiknya anda hindari karena anda belum mengenali satu persatu karakter masing-masing orang yang anda ajak berbicara.
Itulah beberapa hal yang harus dihindari seorang karyawan baru. Namun selain itu, tentu masih ada banyak persoalan lainnya yang perlu diperhatikan seperti, jangan buru-buru pulang.
Walaupun pekerjaan di kantor ternyata tidak menyenangkan seperti yang kita bayangkan, jangan terlalu sering mengabaikan pekerjaan, berkonsentrasilah saat pekerjaan dan kurang mengecek smartphone, jangan mengeluh walaupun pekerjaan yang kita hadapi ternyata lebih sulit dari yang kita bayangkan, dan lain – lain.

Sebaiknya anda juga membaca artikel berikut ini: 

2 Comments

Reply