15 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan PC

Aplikasi Edit Video – Salah satu sebab semakin besarnya minat seseorang dalam dunia video editing karena kamera smartphone mereka yang semakin mendukung untuk mengambil video dengan resolusi tinggi.

Selain itu, menjamurnya sosial media seperti facebook dan instagram juga sangat berpengaruh.

Saat ini mengedit video tidak harus melulu pakai PC, hanya dengan bermodal smartphone anda sudah bisa membuat video dengan kualitas menarik untuk dinikmati.

Video yang diambil dengan menggunakan camcorder, kamera DSLR, kamera biasa, atau kamera smartphone bisa diedit dengan menggunakan aplikasi edit video (video editing software/apps) berbasis PC (Windows/Mac/Linux) atau dengan menggunakan smartphone dan tablet berbasis Android.

Jika Anda tertarik untuk mengedit video dengan menggunakan gadget yang anda miliki, berikut adalah 15 pilihan aplikasi edit video terbaru dan terbaik untuk Android dan PC.

Aplikasi Edit Video di Android

1. Adobe Premiere Klip

Adobe merupakan salah satu perusahaan software multimedia terbesar dan terpopuler saat ini.

Tidak heran apabila aplikasi yang mereka keluarkan selalu menjadi salah satu pilihan.

Adobe Premiere Clip misalnya, ini merupakan aplikasi edit video untuk Android yang memiliki fitur sangat lengkap, memiliki kemampuan secara otomatis menghasilkan video maupun gambar berkualitas tinggi, menyediakan berbagai tools, efek, dan musik, atau menggunakan musik sendiri, dan lain-lain.

Penggunaan Adobe Premiere Clip akan terasa familiar jika sebelumnya anda pernah menggunakan versi PCnya untuk mengedit video.

Segera kunjungi playstore untuk mendapatkan aplikasi edit video tersebut atau bisa juga menggunakan link berikut ini: Adobe Premiere Klip

2. Funimate

Funimate merupakan aplikasi edit video terbaik lainnya yang bisa Anda coba.

Tapi editor video ini, diakui memang kurang powerful jika ingin mengedit video secara advanced.

Namun seandainya anda tertarik untuk mengedit video hanya sekedar ingin bersenang-senang, atau jika Anda menginginkan sebuah video editor yang sederhana dan mudah untuk digunakan, maka Funimate video editing bisa diandalkan.

Aplikasi ini menyediakan setidaknya 15 filter untuk video yang bisa dikustomisasi.

Hal lainnya yang membuat video editor ini cukup menarik adalah, tersedia secara gratis.

Anda tertarik? Segera kunjungi Play Store untuk mengunduhnya.

3. PowerDirector Video Editor

Jika Anda membutuhkan aplikasi edit video di Android yang powerfull dan komprehensif, Anda bisa memilih PowerDirector Video Editor sebagai yang terbaik.

Namun misal anda ingin menggunakan semua fitur yang ditawarkan, anda harus membayar kurang lebih 79 ribuan untuk versi premiumnya.

Walau demikian, aplikasi ini juga tersedia versi gratis untuk di download dengan fitur-fitur yang agak terbatas.

Aplikasi video editing Android ini dikatakan cukup powerfull karena memiliki banyak sekali fitur, edit video yang kompleks dan lengkap, menyediakan berbagai efek.

Tidak ketinggalan, PowerDirector Video Editor juga menyediakan fitur slow motion yang akan membuat hasil videonya terlihat lebih menarik.

4. Movie Maker Filmmaker

Aplikasi gratis ini merupakan salah satu video editor berbasis Android terbaru dan terbaik yang memiliki antarmuka minimalis.

Sehingga Anda akan mudah dalam mempelajari dan mengenali berbagai tools maupun fitur yang dibenamkan pada aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memotong video, menyusun ulang konten video, mengatur titik fokus, mengurangi durasi, dan lain – lain.

Tentu saja tersedia juga berbagai jenis efek yang bisa dikustomisasi sendiri untuk memberikan kekuatan lebih pada video yang dihasilkan.

Bukan tanpa kelemahan, aplikasi ini hadir dengan beberapa masalah (bug), walau demikian, ini merupakan salah satu aplikasi editing video di Android yang bisa diandalkan.

Unduh Movie Maker Filmmaker langsung dari PlayStore.

5. Quik

Jika Anda ingin membuat slide show, mengedit video atau menggabungkan video dan foto, Anda bisa mengandalkan aplikasi Quik.

Aplikasi ini merupakan video editor yang cukup bagus, menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami cocok untuk Anda yang berminat membuat video pendek.

Quik dibelaki berbagai jenis “video styles” yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan nuansa (theme) tertentu pada video Anda sehingga tampak lebih menarik dengan cara yang profesional.

Jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi lainnya, boleh dibilang Quik merupakan salah satu pesaing Adobe Premiere Clip atau Power Director.

Dan yang lebih penting, aplikasi ini gratis. Unduh Quik.

6. Video Editor

Jika Anda membutuhkan editor video lainnya yang sederhana untuk menghasilkan video professional, Anda bisa mengandalkan aplikasi Video Editor yang menyediakan berbagai jenis tools untuk mengedit video.

Mulai dari: trim, mengatur ulang posisi klip, memotong, menambahkan musik, menambahkan emoji dan text, serta tersedia juga berbagai efek video.

Video editor merupakan salah satu aplikasi yang cocok diterapkan untuk membuat video-video yang akan di-upload ke Instagram atau Vine.

Namun ini bukanlah aplikasi yang bisa mengakomodasi Anda untuk membuat video besar dan panjang sekelas Adobe Premiere.

Video ini tersedia secara gratis dan bisa Anda download melalui Playstore.

7. VideoShow

VideoShow merupakan salah satu aplikasi berbasis Android untuk mengedit video yang cukup powerful walaupun levelnya berada di bawah Adobe Premiere dan Power Director.

Namun jika Anda mencari sebuah aplikasi untuk mengedit video yang menyediakan berbagai efek menarik dan fitur-fitur unik seperti menambahkan stiker ke dalam video, menambahkan teks dengan font yang bisa di customize, menawarkan berbagai jenis tema, efek, dan lain-lain, video editor ini bisa diandalkan.

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh VideoShow adalah, tersedianya fitur untuk merekam suara jika suatu waktu Anda membutuhkannya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video dengan menggunakan gadget berbasis Android, Anda bisa langsung mendownloadnya di Google Play.

Aplikasi Edit Video untuk PC

1.  AVS Video Editor

Saya menempatkan AVS video editor sebagai pilihan utama karena kaya akan fitur dan kemampuannya pun bisa dikatakan sebanding dengan video editor terkenal seperti Adobe Premiere sekalipun.

Video editor ini bisa menjadi pilihan utama karena sangat mudah digunakan, bisa menghasilkan video dengan kualitas profesional memiliki kecepatan render yang baik dan menawarkan sejumlah efek termasuk dukungan untuk video blu-ray.

Kemampuan lain yang dimiliki oleh software ini adalah: bisa langsung digunakan untuk berbagi video di berbagai sosial media seperti Facebook, Flickr, Myspace, dan lain-lain.

Di antara beberapa format input video yang didukung adalah:

  • Avi
  • Mp4
  • Mkv
  • Flv
  • Amv
  • 3gp
  • Mpg
  • Dat
  • VCD

Sedangkan output yang bisa dihasilkan antara lain:

  • Avi
  • Mp4
  • Wmv
  • Swf
  • Flv
  • Mpg

2. Adobe Premiere Pro CC

Bagi pengguna sistem operasi Windows atau Mcc, Adobe Premiere tentu sudah tidak asing. Ini merupakan editor video paling spektakuler, lengkap, profesional, dan stabil.

Apa lagi, software ini didukung juga oleh berbagai software terkenal lainnya produksi Adobe seperti After Effect dan Photoshop.

Membuatnya menjadi salah satu video editor untuk PC yang bisa Anda andalkan untuk mengerjakan video profesional.

3. Final Cut Pro

Software editing video ini merupakan salah satu software yang bisa Anda andalkan untuk membantu membuat film.

Final Cut Pro sendiri sebenarnya merupakan software besutan Apple Inc yang terkenal sebagai salah satu video editor terbaik laptop berbasis sistem operasi Macintosh.

4. Sony Vegas Movie Studio

Jika Anda membutuhkan sebuah video editor yang hemat daya dan sistem, maka Sony Vegas Movie Studio bisa menjadi pilihan tepat.

Ini merupakan versi minimalis dari Sony Vegas Pro untuk para profesional yang menginginkan antarmuka software yang sederhana, dukungan fitur yang menarik, transisi yang lengkap, stabilitas video yang baik, dan efek real time.

5. Lightworks

Lightworks merupakan software editing video yang bisa digunakan untuk PC berbasis Windows, Mac OS, dan Linux.

Di antara beberapa kemampuan yang dimiliki oleh software ini adalah:

  • Editing multicamReal time preview
  • Keyboard shortcut yang memudahkan selama mengedit video
  • Transisi yang halus dan kompleks
  • Terdapat opsi untuk mengekspor hasil render ke web secara langsung
  • Kemampuan render yang baik, dan lain lain.

6. Pinnacle Studio

Jika Anda sering bekerja membuat video klip, Pinnacle Studio bisa menjadi pilihan editor video yang cocok untuk Anda.

Software berbasis Windows ini menawarkan sejumlah fitur untuk edit video seperti:

  • Drag and drop editing video HDDVD authoring
  • Effect overlay untuk judul
  • Efek dan transisi yang lengkap
  • Menyediakan menu untuk menambah suara dan musik, menyediakan koleksi lagu bebas royalti, dan lain-lain.

7. Pitivi

Jika Anda menggunakan sistem operasi berbasis Linux, Anda pasti akan tertarik dengan editor video bernama Pitivi.

Ini merupakan salah satu video editor berbasis open source yang cukup menonjol, menawarkan banyak kemampuan profesional untuk editing video ratusan transisi dan filter serta efek, super berbagai bahasa, dan cukup stabil.

Software ini mendukung hampir semua format video modern. Dan yang paling penting, software ini gratis.

8. CyberLink PowerDirector

PowerDirector dari CyberLink adalah perangkat lunak yang fokus menyajikan user interface sederhana untuk mengedit video sehingga, pengguna akan merasa sangat dimudahkan dalam menghasilkan video profesional.

Video editor ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengedit video dengan menambahkan berbagai animasi, membuat slide video dan lain-lain

Video input yang didukung di antaranya adalah: FLV, DAT, WMV, MPEG-4, AVI, 3GP, AVI, MP4 dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk format output yang didukung antara lain: MVC, , MKV, WMV, MPEG-4, dan QuickTime.

Itulah 15 aplikasi edit video terbaik untuk berbagai perangkat berbasis Android maupun PC terbaru yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa software profesional di atas ada yang gratis juga berbayar.

Namun pada umumnya, software berbayar menyediakan versi trial untuk dicoba selama kurang lebih 15-90 hari.

Baca selanjutnya: 5 Aplikasi Islami Terbaik dan Gratis di Android

5 Comments

    • Ahmad Alfan Taufiq
    • Ahmad Alfan Taufiq

Reply