Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi android belajar bahasa inggris

Selamat datang,

Bahasa inggris merupakan bahasa utama dalam berkomunikasi antar ras, suku dan bangsa di dunia untuk saat ini.

Itu artinya, jika anda benar – benar tidak ingin tertinggal, pintu gerbangnya adalah bahasa inggris. Internet, TV, iklan, tempat – tempat umum di negara kita saja tidak bisa lepas dari bahasa yang satu ini.

Namun masalah yang terjadi hampir semuanya sama, bahasa inggris sangat sulit dipahami benar? Anda akan menjawab tidak misal anda sudah menguasainya, namun mayoritas dari kita saat ini
akan menjawab “Ya, bahasa inggris begitu sulit”.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengunjungi channel youtube bule Learn Real English, Semacam lembaga kursus bahasa inggris yang fokus pada pembelajaran bahasa inggris untuk orang asing, maksudnya asing adalah orang yang menggunakan bahasa ibu selain inggris, termasuk kita.

Ada beberapa poin kesalahan yang sering dilakukan oleh orang diluar inggris dalam belajar bahasa inggris, berikut poin – poin tersebut dan hal yang seharusnya dilakukan.


Kesalahan yang Sering Terjadi saat Belajar Bahasa Inggris

1. Menghafal Vocab per Kata, Bukan Frasa
Materi wajib yang masih saya ingat saat belajar bahasa inggris dari SD sampai SMA adalah menghafal vocab. Saya harus menghafal ratusan vocab, namun saat guru meminta membuat kalimat atau menerjemahkan kalimat tanpa kamus, hasilnya selalu mengecewakan.

Learn Real English mengatakan bahwa cara tersebut adalah salah, lebih baik kita fokus menghafal frasa daripada hanya menghafal satu kata demi kata.

Contoh frasa : 
Cute Girl = Gadis Imut
Great Goal = Goal yang Luar Biasa
Magnificent View = Pemandangan yang Megah


2. Terlalu Fokus pada Grammar
Pernahkah kita berfikir, bagaimana cara balita bahasa inggris belajar bahasa orangtuanya dengan begitu cepat? Apa orangtuanya memaksa mereka belajar present tense, past perfect dan lain – lain? Jawabannya adalah tidak.

Seringkali kita merasa lebih mudah menulis bahasa inggris daripada mengucapkan, padahal tujuan kita belajar bahasa orang supaya bisa menulis, mengucapkan dan juga mendengar, tapi bisa mengucapkan tentu lebih keren daripada hanya sekedar bisa menulis maupun mendengarkan.

Itulah efek terlalu fokus belajar grammar,  mungkin kita bisa membaca dan memahami tulisan inggris karena kita punya banyak waktu untuk berfikir, namun untuk berbicara, kita tidak punya cukup waktu.


Lalu apa yang seharusnya menjadi fokus kita dalam belajar bahasa inggris, mas?

Perbanyak mendengarkan orang inggris berbicara, kemudian berlatih dengan menirukan cara mereka berbicara. Anda bisa mendengarkan percakapan sederhana yang mereka gunakan sehari hari, atau anda bisa mendengarkan lagu barat favorite anda, saya yakin cara ini jauh lebih efektif daripada cara lama yang kita gunakan.

Khusus untuk mendengarkan percakapan, saya merekomendasikan satu aplikasi android English Conversation Practice yang bisa mempercepat kemampuan anda dalam berbahasa inggris dan bisa anda dapatkan dengan mudah melalui Playstore.

Fitur  English Conversation Practice untuk Belajar Bahasa Inggris
Dengan aplikasi belajar bahasa inggris English Conversation Practice, ada banyak manfaat yang mungkin akan anda dapatkan untuk menunjang proses anda dalam mempelajari bahasa inggris.


Berikut beberapa fitur dari aplikasi tersebut

  • English Conversation Practice memiliki banyak kategori percakapan yang biasa digunakan sehari-hari, dan dari setiap kategori tersebut terdapat sekitar 14 sampai dengan 24 percakapan. Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok obrolan para bule tersebut.
  • Aplikasi ini berbentuk audio percakapan dalam bahasa inggris yang
    diucapkan dengan logat Amerika dan juga British. Itu artinya anda seolah
    – olah sedang nguping dua orang bule yang sedang asyik ngobrol. Sebagai
    tambahan, aplikasi ini juga disertai text yang bisa anda cari artinya. Silahkan anda dengar berulang – ulang hingga kalimat demi kalimat yang mereka ucapkan sudah dirasa lancar untuk anda tirukan.
  • Selesai anda mendengarkan salah satu dari rekaman percakapan di English Conversation Practice, anda bisa mengisi 5 soal yang berhubungan dengan percakapan yang anda dengar tadi. Fitur ini mungkin akan membawa anda pada suasana ujian SMA dulu, nostalgia.
  • Kemudian tiba giliran anda berlatih tanya jawab dengan salah satu suara yang ada di rekaman tersebut, anda bebas mengisi salah satu suara dari rekaman yang anda dengar tadi yang kemudian bisa anda rekam menjadi file rekaman di HP anda.

Dari banyak metode yang pernah saya gunakan untuk belajar bahasa inggris, dari zaman SD sampai lulus kuliah, justru metode “Listen First” ini yang sangat cocok dan membuat saya lebih cepat serta lancar dalam berbahasa inggris.

Mendengarkan musik barat, menonton vlog dengan bahasa inggris dengan subtitle inggris dan juga bantuan aplikasi conversation bahasa inggris membuat belajar bahasa inggris terasa menyenangkan dan saya yakin hasilnya jauh lebih effektif daripada kita harus mengahafal ribuan vocab dalam sehari. (bl/aat)

Pengunjung lain juga membaca artikel berikut:

4 Comments

Reply