5 Alasan Ibu Rumah Tangga Banyak yang Terjun ke Dunia Blogging

Selamat datang,

Blogger Ibu Rumah Tangga – Dalam situs komunitas Blogger Perempuan tercatat ada sekitar 1500+ blogger perempuan yang telah terdaftar dalam komunitas tersebut, se Indonesia. Dan bisa dikata, lebih dari 60% anggota komunitas tersebut adalah seorang ibu rumah tangga.

Hal ini menengarai bahwa aktivitas ngeblog juga sangat diminati di kalangan perempuan Indonesia, khususnya ibu rumah tangga.

Emak emak blogger

Lalu, apa sebenarnya yang mendasari kaum Ibu ini kok lebih memilih menjadi seorang blogger sebagai aktivitas lain di sela – sela kesibukan mengurus rumah, anak dan suami?

Berikut kami sajikan 5 hal yang menjadi alasan  ibu rumah tangga banyak terjun ke dunia blogging.

Memanfaatkan Waktu Luang

Setelah suami berangkat kerja, anak berangkat ke sekolah, dan seluruh kerjaan rumah sudah beres, sangat disayangkan bukan jika sisa waktu yang ada hanya dihabiskan untuk nonton infotainment, gosipin tetangga atau hal yang lebih nggak bermanfaat dari itu semua.

Ngeblog bisa jadi pilihan yang baik untuk memanfaatkan waktu luang bagi seorang Ibu rumah tangga.

Lagian, banyak kok mereka (Blogger Ibu rumah tangga) yang sudah sukses memonetisasi blognya berangkat dari motivasi ini. Ya, mereka ngeblog awalnya hanya ingin memanfaatkan waktu luang saja.

Media Belajar

“Motivasi saya adalah mencari ilmu dan wawasan baru mas, dengan ngeblog saya makin banyak belajar” – Alviya, blogger ibu rumah tangga pemilik blog alviya.com

Jujur, saya sendiri sangat yakin bahwa cara terbaik menjaga ilmu adalah membagikannya lagi kepada orang lain dengan berbagai cara, berbagai metode.

Salah satunya lewat tulisan.

Sebelum memutuskan untuk mempublish suatu artikel, minimal kita sudah siap dengan berbagai konsekuensinya ‘kan?

Seperti menjawab pertanyaan atas kebingungan pembaca, menerima kritik dan saran atau bahkan menghadapi komplain dari blogger lain. Dan kondisi – kondisi inilah yang akan memacu kita untuk belajar, belajar dan belajar lagi.


Menambah Relasi

Walaupun mungkin sebagian besar hubungan pertemanan hanya terjalin melalui dunia maya saja, namun tidak sedikit loh komunitas blogger perempuan yang sampai bikin event rutin dan mereka adakan setiap tahunnya.

Beberapa ibu rumah tangga memanfaatkan aktivitas blogging ini memang untuk memperluas jangkauan pertemanan. Syukur – syukur hubungan mereka bisa berlanjut hingga ke bisnis dan lain lain.

Ingat sabda Nabi Muhammad SAW tentang keuntungan menjaga relasi?

“Barang siapa yang suka dilapangkan rizkinya, dan dipanjangkan umurnya, hendaklah (rajin) menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari)”

Rumah Jadi Tempat Paling Nyaman untuk Menuangkan Ide

Ngeblog sangat tergantung dengan kondisi mood.

Saat mood sedang buruk, sebagian blogger mungkin bisa mengatasi kondisi tersebut namun ada juga yang harus berjuang mati – matian untuk mengembalikan moodnya lagi ke kondisi yang lebih baik.

Silahkan baca : Cara Mengatasi Mood Naik Turun saat Ngeblog

Tanpa ada tekanan, deadline kerjaan, seorang ibu rumah tangga akan jauh lebih mudah mengatur moodnya saat ngeblog ketimbang seorang karyawan kantoran.

Selain itu, suasana rumah sendiri akan menambah kenyamanan seseorang dalam menghasilkan tulisan – tulisan berkualitas untuk blog yang tengah dia bangun.


Membantu Ekonomi Keluarga

Dari kelima poin pada artikel yang sedang anda baca sekarang, kemungkinan membantu ekonomi keluargalah yang jadi motivasi kuat bagi ibu rumah tangga yang memutuskan untuk menjadi seorang blogger.

Walaupun mendapatkan penghasilan dari blog sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan, bisa jadi mereka yang berangkat dari motivasi ini telah tergiur dengan kisah sukses blogger lain, ajakan teman dan sebagainya.

Sebagian mungkin bertahan, namun tidak jarang yang akan tumbang dan mundur secara perlahan setelah apa yang diharapkan dari blognya tidak kunjung datang.

Semoga bermanfaat. Salam.

21 Comments

Reply