11 Agustus 2016, 05:07pm – Bagikeunlagi Diterima Penuh Menjadi Publisher Google Adsense

Selamat datang,
 
Sampai saat tulisan ini dibuat, saya masih belum percaya kalau lamaran yang kesekian kalinya untuk menjadi publisher  adsense sudah diterima penuh alias full approved setelah mengalami kurang lebih 9 kali penolakan sebelumnya.

Sebagai seorang karyawan swasta, tujuan saya nge-blog tentu untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara yang lebih ringan sekaligus memberi sumbangsih kepada orang lain  dalam hal berbagi pengetahuan baru.

Bagikeunlagi diterima menjadi publisher adsense pada tanggal 11 agustus 2016 pukul 05:07pm tepat saat blog ini menginjak usia yang ke 57 hari atau hampir dua bulan. Jumlah artikel saat didaftarkan hanya 19 artikel original dengan 18 artikel yang telah diindex oleh google, serta page view yang stabil di angka 300 – 500.

Jika anda saat ini sedang mencari referensi sebelum melamarkan blog anda ke google adsense, berikut saya kisahkan perjalanan blog ini saat pertama kali mendaftar dan penolakan – penolakannya serta apa saja yang saya lakukan setelah mendapat penolakan tersebut.

Kronologi Lamaran
Walaupun lupa hari dan tanggal kapan pertama kali melamar google adsense, saat itu saya masih ingat sekali kalau umur blog ini baru dua minggu, dengan jumlah artikel hanya 9 saja. Dengan modal nafsu grusa – grusu tanpa ilmu, saya beranikan diri untuk melamar langsung ke situs adsense karena memang blog ini sudah berdomain TLD hanya beberapa hari setelah dibuat.

Dan hasilnya? tanpa ba bi bu malam itu saya dapat email penolakan mentah – mentah dari adsense. Setelah penolakan pertama tersebut, berbekal ilmu dari google saya mulai melakukan pembenahan – pembenahan, baik dari konten, menambah jumlah artikel, mengisi navigasi yang masih kosong dengan link hidup, termasuk merubah template gratisan menjadi template premium yang sekarang saya terapkan di blog ini.

Pada lamaran kedua, ketiga dan keempat, saya masih menggunakan email yang sama dengan email untuk lamaran pertama. Bedanya pada lamaran keempat blog ini sudah lolos review tahap pertama, namun tumbang saat review kedua.

Karena merasa frustasi, saya pun berinisiatif untuk memanfaatkan adsense youtube pada lamaran kelima. Namun selang beberapa hari, hasilnya masih nihil dan rasa frustasi saya semakin memuncak saat itu. Dengan umur blog sekitar satu bulan, artikel 14 dan terindex semua, template premium, domain TLD, apa yang kurang?

Setelah penolakan kelima, saya mulai fokus pada konten dan tidak begitu peduli lagi dengan adsense, meski beberapa hari kemudian saya tetap daftarkan lagi ke adsense. Pada lamaran keenam ini saya putuskan untuk menggunakan akun gmail baru dengan harapan bisa cepat diterima walaupun akhirnya gagal juga pada review tahap kedua.

Pada email penolakan lamaran keenam, selalu ada poin konten tidak memadai seperti email penolakan lamaran kelima. Karena merasa bagikeunlagi sudah sesuai ketentuan untuk navigasi dan template, maka saya berasumsi bahwa kekurangan blog ini memang ada di konten yang tidak memadai.

Konten tidak memadai saya maknai sangat luas waktu itu, bisa isi tulisan yang melanggar ketentuan google, terdapat gambar yang berhak – cipta, atau memang jumlah artikel yang masih dianggap kurang menurut ketentuan google. Akhirnya saya mulai fokus memperbanyak dan memperbaiki konten blog ini sambil terus mengirimkan lamaran dengan email yang saya gunakan pada lamaran keenam.

Lamaran ketujuh dan kedelapan masih tumbang pada review kedua, sedangkan untuk lamaran kesembilan yang sukses di review pertama, saya malah merasa digantung oleh google karena tidak ada email apapun yang saya terima selama 9 hari lebih, tidak ditolak juga tidak diterima.

Ketidaksabaran saya akhirnya berlanjut pada pembatalan permohonan pada lamaran kesembilan tersebut ke dasboard adsense. Setelah batal kemudian saya daftarkan lagi blog ini melalui adsense youtube yang sebelumnya pernah saya gunakan pada lamaran kelima. Selang 3 hari setelah pendaftaran tersebut, tidak disangka – sangka email full approved datang juga dan sejam kemudian iklan benar – benar sudah tayang di blog bagikeunlagi.

Berikut email approval dari google yang saya terima

11 Agustus 2016, 05:07pm - Bagikeunlagi Diterima Penuh Menjadi Publisher Google Adsense

Sobat blogger, tentu setiap publisher adsense memiliki pengalaman masing – masing saat diterima permohonannya oleh google. Anda tidak bisa menjadikan tulisan saya ini patokan pasti, namun bisa dijadikan referensi untuk blog anda jika ingin melamar sebagai publisher adsense.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk blogger indonesia yang saat ini masih belum beruntung menjadi seorang publisher google adsense. Selamat berbagi! (bl/aat)

27 Comments

    • Ahmad Alfan Taufiq

Reply